Thursday, January 5, 2012

Pada Web Tunas Hijau


Mading Lingkungan Berhadiah Di SMA Trimurti

Surabaya- Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menyebarkan virus cinta lingkungan. Diantaranya melalui media majalah dinding yang dilakukan oleh tim lingkungan SMA Trimurti. Aneka informasi lingkungan secara tematik mereka sajikan dalam mading tersebut.

Tak hanya itu, disisipkan pula kuis lingkungan berhadiah untuk menarik minat pembaca. Terbukti hal ini mampu menarik animo pembaca. Hal tersebut disampaikan tim mading saat pembinaan Surabaya Eco School di SMA Trimurti yang melibatkan 30 anggota tim lingkungan sekolah ini, Senin (17/10).

“Setiap minggunya majalah dinding ini kami ganti temanya. Khusus minggu ini tema yang kami angkat peringatan hari habitat,” jelas Bayu Lesmana, salah satu anggota tim mading lingkungan SMA Trimurti. Ditambahkan oleh Bayu bahwa bahan yang digunakan untuk mading merupakan hasil recycle maupun reuse. “Penggunaan bahan recycle serta reuseini untuk memperkuat kesan lingkungannya,” imbuh Bayu.

Selain mading lingkungan, diceritakan pula oleh Magita Novita Sari, ketua tim lingkungan, bahwa pemilahan sampah dan pembibitan sansiviera maupun tanaman TOGA turut juga menjadi fokus perhatian. Sambil berkeliling tim pembinaan Surabaya Eco School dijelaskan satu persatu program yang telah berjalan.

Dikatakan oleh Magita alasan sansiviera lebih mereka pilih untuk dikembangkan daripada tanaman jenis lainnya. “Letak sekolah kami yang di tengah kota pastinya dibarengi banyaknya polusi. Karena itu sansiviera kami budidayakan karena terbukti efektif menyerap polusi,” jelas Magita.

Ratusan pot dan polibag berisi sansiviera terlihat menghiasi samping maupun belakang sekolah. Sayangnya terkadang beberapa tangan usil masih menjadi momok bagi tim lingkungan. “Sering kami temukan bungkus permen maupun makanan yang dibuang tangan-tangan tak bertanggung jawab di pot,” tutur Hizkia Rudy, anggota tim pembibitan. Kendala yang dihadapi tak menyurutkan niat tim lingkungan SMA Trimurti untuk terus melangkah.

Surabaya Eco School 2011 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya. Program yang memadukan kompetisi, pembinaan dan pemantauan ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surabaya, ASUS, PT. Dharma Lautan Utama dan Perum Jasa Tirta I. (don)

free counters
 
;